Jumat, 29 November 2013

Katanya TEMAN, tapi kok PILIH-PILIH? (Pelapisan Sosial Dan Kesamaan Derajat)



Mungkin salah satu dari kita atau banyak orang yang berfikir seperti ini, kenapa sih ada pikiran kaya gitu? Karena banyak orang atau kalangan orang yang maunya berteman dengan yang sama dalam hal status social, materi atau yang lainnya. Padahal seharusnya ketika kita ingin berteman, dengan siapapun tidak ada salahnya. Dan seharusnya bukan memandang dari segi status social, materi, fisik atau yang lainnya tetapi pada letak baik buruknya seseorang itu buat kita. Tidak untuk dimanfaatkan juga kebaikan seseorang itu, tetapi diikuti kebaikannya.
Jika kita mengikuti seseorang karena sifat baiknya, maka dengan sendirinya kita akan merubah diri kita seperti mereka, dan sebaliknya. Biasanya sikap memilih-milih dalam berteman disini dikarena kan beberapa factor:
  1. Factor diri sendiri.
Proses ini berjalan sesuai dengan pertumbuhan masyarakat itu sendiri. Ada pula lapisan tertentu yang terbentuk bukan berdasarkan kesengajaan, tetapi secara alamiah. Pengakuan-pengakuan terhadap kekuasaan dan wewenang tumbuh dengan sendirinya. Oleh karena sifatnya yang tanpa sengaja inilah, maka bentuk lapisan dan dasar daripada pelapisan itu bervariasi menurut tempat, waktu dan kebudayaan masyarakat dimana system itu berlaku.
  1. Terjadi dengan sengaja: Sistem ini ditunjukan untuk mengejar tujuan bersama. Dengan adanya pembagian yang jelas dalam hal wewenang dan kekuasaan ini, maka didalam organisasi itu teradapat keteraturan sehingga jelas bagi setiap orang ditempat mana letaknya kekuasaan dan wewenang yang dimiliki dan dalam suatu organisasi baik secara vertical maupun horizontal. Didalam sistem organisasi ini mengandung dua system, yaitu:
a.      Sistem Fungsional; merupakan pembagian kerja kepada kedudukan yang tingkatnya berdampingan dan harus bekerja sama dalam kedudukan yang sederajat. Namun kelemahannya karena organisasi itu sudah diatur sedemikian rupa, sering terjadi masalah dalam menyesuaikan perubahan-perubahan yang terjadi dalam masyarakat.
b.      Sistem Skalar;merupakan pembagian kekuasaan menurut tangga atau jenjang dari bawah ke atas(vertical).
Pemecahan dari masalah ini adalah ubah rasa gengsi dan egois dalam mencari teman, karena teman yang baik bukan dinilai dari materi yang ada. Materi akan habis seiring berjalannya waktu, sedangkan kebaikan hati akan terus ada.
Sumber: http://rahmatardiprastyo.blogspot.com/2011/12/pelapisan-sosial-dan-persamaan-derajat.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar