Jumat, 25 November 2011

3.2 Jelaskan Struktur Pengendalian Intern!

Menurut Bodnar dan Hopwood SPI atau Struktur Pengendalian Intern adalah suatu kebijakan dan prosedur untuk menyediakan jaminan yang memadai bahwa tujuan perusahaan dapat dicapai.
Sedangkan yang saya baca di beberapa blog, ada yang menuliskan bahwa SPI adalah rencana organisasi dan metode bisnis yang di pergunakan untuk menjaga asset, memberikan informasi yang akurat dan andal, mendorong dan memperbaiki efisiensi jalannya organisasi, serta mendorong kesesuaian dengan kebijakan yang telah ditetapkan.

Dalam teori akuntansi dan organisasi, pengendalian intern atau control intern didefinisikan sebagai suatu proses yang di pengaruhi oleh sumber daya manusia dan system teknologi informasi yang di rancang untuk membantu organisasi mencapai suatu tujuan tertentu. Pengendalian intern merupakan suatu cara untuk mengarahkan, mengawasi, dan mengukur sumber daya suatu organisasi. Ia berperan penting untuk mencegah dan mendeteksi penggelapan dan melindungi sumber daya organisasi baik yang berwujud maupun tidak.
Sumber :
• http://id.wikipedia.org/wiki/Pengendalian_intern
• http://sdarsono.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/16520/BAHAN+5+Pengendalian+dan+Sistem+Informasi+Akuntansi.ppt
• http://aksartono.edublogs.org/files/2008/10/bab-04-struktur-pengendalian-intern-spi.pdf
• http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=eksposur%20dari%20struktur%20pengendalian%20intern&source=web&cd=2&sqi=2&ved=0CB8QFjAB&url=http%3A%2F%2Frnovia.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F21646%2FM4%2BSTRUKTUR%2BPENGENDALIAN%2BINTERN.ppt&ei=7IDPTpHjJo_yrQfro-imDw&usg=AFQjCNElykmDrgcczj4pZcbK5fFM9J1_QA&cad=rja
• http://www.scribd.com/doc/11320626/-Definisi-Pengendalian-Internal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar