Selasa, 30 November 2010

Komunikasi Data, Keamanan Sistem Informasi dan Pengendalian dalam Sistem Informasi

Pendahuluan
Pada materi ini, saya akan mencoba membahas tentang Komunikasi data dan keamanan system informasi serta pengendalian dalam pengembangan system informasi.
Saya akan membahas satu persatu materi ini. Seperti apa itu Komuniksi data? Apa itu Keamanan system informasi? Dan lain-lain.

Tinjauan pustaka
Menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data, komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data atau informasi dari dua atau lebih perantara yang terhubung dalam sebuah jaringan.

Pembahasan
Komunikasi data adalah proses pengiriman dan penerimaan data/informasi dari dua atau lebih device (alat,seperti komputer/laptop/printer/dan alat komunikasi lain)yang terhubung dalam sebuah jaringan. Baik lokal maupun yang luas, seperti internet.
Pada saat ini, komunikasi data menjadi sebuah kehidupan masyarakat, karena telah diterapkan dalam setiap kegiatan. Sebagai contoh internet yang sudah bias diakses dimana saja, bukan hanya di computer rumah (PC),melainkan di HP, dan gadget lainnya.
Secara umum ada dua jenis komunikasi data, yaitu:
Melalui Infrastruktur Terestrial 
Menggunakan media kabel dan nirkabel sebagai aksesnya. Untuk infrastruktur seperti ini sepertinya membutuhkan biaya yang tinggi. Berikut ini adalah beberapa layanan yang termasuk teresterial antara lain: Sambungan Data Langsung (SDL), Frame Relay, VPN MultiService dan Sambungan Komunikasi Data Paket (SKDP).
Melalui Satelit 
Maksudnya adalah menggunakan satelit dalam hal sambungannya. Keuntungan menggunakan komunikasi via satelit ini adalah wilayah yang menggunakan akses melalui satelit ini lebih luas dan mampu menjangkau lokasi yang tidak dapat di jangkau oleh Infrastruktur teresial namum dalam hal ini membutuhkan waktu yang lama dalam proses komunikasi. Kelemahannya komunikasi via satelit ini adalah adanya gangguan yang disebabkan oleh radiasi gelombang matahari (Sun Outage) dan yang paling parah terjadi setiap 11 tahun sekali.
Model Komnunikasi data ada 3 macam :
Model satu arah
Yaitu antara anda dan computer saja, tidak ada timbale baliknya.
Model dua arah
Yaitu ada pertukaran antara anda dan computer, tetapi tetap hanya anda dan computer saja.
model dua arah bersamaan
yaitu adanya pertukaran data antar anda dan computer, tetapi secara bersamaan.
Adapun komponen-komponen pendiri Komunikasi data adalah :
Adanya Pengirim
Dimana pengirim disini sebagai perantara yang mengirimkan data.
Adanya Penerima
Yang bertugas untuk menerima data yang masuk, melalui apapun.
Adanya Pesan atau Data yang dikirimkan
Baik pesan tersebut berupa via Text atau gambar atau hal lainnya.
Media Pengiriman
Seperti kabel yang menghubungkan atau gelombang magnetic. Sebagai contoh Bluetooth pada handphone,dsb.
Protocol
Sebuah aturan-aturan yang harus ada pada saat pengiriman data. Misalkan pada saat anda mengirimkan sesuatu ke email saya, dan akan muncul beberapa aturan yang terkait agar pada saat email dkirim tidak rusak atau yang lain sebagainya.

Keamanan Sistem Informasi adalah suatu cara agar suatu informasi dapat terjaga dari berbagai macam isyu keamanan computer. Entah dari virus atau yang lainnya.
Pengendalian dalam Pengembangan Sistem Informasi adalah penjagaan yang baik pada saat suatu system informasi didapat. Agak data yang didapat tidak dirusak oleh suatu hal. Pengendalian dalam pengembangan system informasi terbagi menjadi 2 bagian. Yaitu :
Pengendalian secara umum
Yaitu pengendalian yang dilakukan dari hal hal kecil yang berada di luar data tersebut.
Pengendalian Aplikasi
Pengendalian yang dilakukan pada setiap aplikasi yang di gunakan.

Penutup
Jadi dalam hal ini Komunikasi data dan keamanan system informasi sangat dekat hubungannya. Karena dalam hal apapun kita akan menggunakan komunikasi dat dengan orang-orang diluar sana, apapun caranya. Dan ini memerlukan sebuah keamanan dalam data-dat yang kita peroleh. Dan seteah kita memberika keamanan pada data-data tersebut, barulah kita kendalikan data-data tersebut sesuai dengan kegunaanya.

Referensi
http://top-pdf.com/download/pengendalian-keamanan-sistem-informasi-1.html
http://mdin.staff.uad.ac.id/kuliah/komdat/komunikasi_data.pdf
http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_data
http://rangkaian.ukm.my/v2/images/nota_ptk/Komunikasi_data.pdf
http://rms46.vlsm.org/2/130.pdf
http://www.cert.or.id/~budi/presentation/POLDA-security.PDF
http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=1&ved=0CBMQFjAA&url=http%3A%2F%2Fymukhlis.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F8261%2FPengelolaan%2BSI.pdf&rct=j&q=pengendalian%20dalam%20pengembangan%20sistem%20informasi&ei=yVLzTP6bEoOmvgO_yLz-DQ&usg=AFQjCNHpwuRhGab4v8Nq0t3Eh7QuBWHsYg&cad=rja
http://www.docstoc.com/docs/13542645/Keamanan-Sistem-Informasi
http://widyo.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/5568/Modul_ke_11_sim_ptik.doc

Tidak ada komentar:

Posting Komentar