Selasa, 30 November 2010

IRM dalam CBIS

Pendahuluan
Bagaimana suatu perusahan melakukan kegiatan  manajemen, membangun, mengolah memlihara sistem. Hal pertama yang dilakukan adalah penerapan pada sumber dari sitem infromasi itu sendiri atau yang dikenal dengan IRM(Information Resource Manajemen) manajemen terhadap sumber informasi, orang-orang pada bagian ini merupakan akar dari  data-data sumber yang dilaoh menjadi infromasi yang lebih bernilai. Orang-orang yangterkait dengan lingkup ini diantaranya adalah Eksekutif puncak bagian komputer, CIO(Chief Informatio Officer).

Tinjauan pustaka
Menurut http://yudianto01.wordpress.com/2010/01/02/pengenalanan-manajemen-sumber-informasi/ IRM adalah konsep manajemen sumber informasi yang mengenal informasi sebagai sumber organisasional utama yang harus dikelola dengan tingkat kepentingan yang sama seperti sumber organisasional dominan lain seperti orang, keuangan, peralatan & manajemen.
Pembahasan
Manajemen Sumber Informasi atau yang biasa disebut Information Resources Management adalah sebuah Perencanaan manajemen puncak dari suatu perusahaan yang akan menetapkan penggunaan komputerisasi yang akan berguna untuk mengetahui penciptaan sumber informasi dan pengelolaannya Information resources management (IRM), jika suatu perusahaan akan menerapkan IRM maka harus ada tiga unsur, yaitu :
Eksekutif puncak bagian komputer melaporkan secara langsung kepada pimpinan yang disebut Chief Information Officer (CIO)
CIO turut ambil bagian dengan Eksekutif lain dalam menyusun rencana jangka panjang untuk organisasi
Rencana jangka panjang harus dibuat agar kebutuhan informasi dapat memberi kepuasan pelayanan melalui komputerisasi personal, dll.
Tipe-tipe dari sumber informasi :Informasi umum, informasi dari para spesialis, para pemakai, fasilitas-fasilitas, database, software, hardware.
IOS (Interorganizational Information System) IOS merupakan sistem informasi yang digunakan oleh lebih dari satu perusahaan
IOS fasilitator bertugas : menunjukkan para peserta bahwa dengan bekerja dalam sistem tsb mereka akan memperoleh keuntungan kompetitif.
CIO (Chief Information Officer)
Kepala bagian Informasi turut berperan dalam pembuatan keputusan penting dalam perusahaan & memberi laporan langsung ke eksekutif.
Sebutan lain dari CIO : Direktur SIM, Vice President SIM
Tugas CIO :- Mempelajari bisnis & teknologinya- Menjalin kemitraan dengan unit bisnis & manajemen- Fokus memperbaiki proses bisnis dasar- Memperkirakan biaya sistem informasi dalam bisnis- Membangun kredibilitas dengan mengirim service yang terpecaya.
4. Penutup
Kesimpulannya adalah IRM atau Manajemen sumber informasi ini berkaitan dengan Materi CBIS yang sebelumnya. Karena dalam hal ini, yang paling membutuhkan IRM ini adalah Manajer.
Sarannya adalah Semoga semua manajer bisa melakukan 3 syarat yang telah saya jelaskan tadi.

Referensi
http://juwita.staff.gunadarma.ac.id/downloads/files/3443/cbis.doc
http://images.jenengkudewe.multiply.multiplycontent.com/attachment/0/satxkqokcecaaebpl-01/02%20cbis.ppt?nmid=214195441
http://adindadewi.ngeblogs.info/2010/11/01/pengenalan-cbis-computer-based-infromasi-system/
http://brianbie.wordpress.com/2010/11/19/irm-dalam-cbis/
http://parno.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/13807/Pengenalan++IRM.doc
http://yudianto01.wordpress.com/2010/01/02/pengenalanan-manajemen-sumber-informasi/
http://capi23.wordpress.com/2009/12/29/cbis-computer-base-information-system/
http://yemimaidea-41207373.blogspot.com/2009/12/sistem-informasi-berbasis-komputer-cbis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar