Jumat, 29 Oktober 2010

Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik

Pendahuluan
Komunikasi data adalah bidang komputasi yang sedang mendapatkan perhatian paling besar, dengan internet dalam sorotan.
Internet membuka berbagai peluang baru dihampir semua bidang bisnis, termasuk perdagangan melalui jaringan elektronik. Namun, untuk perusahaan-perusahaan yang ingin membangun sistem antar organisasi dengan menggunakan EDI, beberapa teknologi lain juga dapat dipertimbangkan.

Tinjauan Pustaka
Perdagangan melalui jaringan elektronik atau yang sering dikenal dengan E-Commerce dilakukan untuk memudahkan semua operasi perusahaan yang berhubungan dengan computer.(http://www.simplearning.co.cc/2009/12/e-commerce-strategi-penerapan-bisnis.html)

Pembahasan
Sumber daya manusia memiliki perhatian khusus pada masyarakat global dan serikat buruh. Jasa informasi berhubungan dengan pemasok perangkat keras dan perangkat lunak. Jasa informasi memainkan peranan yang berubah dan menentukan dalam hubungannya dengan lingkungan. Dan Pelayanan pelanggan melalui teknologi informasi menjadi semakin penting!

Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Strategi ini adalah system antar organisasi (IOS). Istilah lain adalah EDI yaitu pertukaran data elektronik. Pertukaran data elektronik adalah suatu cara untuk mencapai system antar organisasi.
Strategi yang paling penting adalah strategi yang elemen-elemennya dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Nama yang berkaitan dengan strategi ini adalah sistem antar-organisasi (IOS). EDI merupakan subset dari IOS.

Perdagangan melalui jaringan elekronik dapat didefenisikan dengan sangat sempit dapat dikatakan hanya mencakup transaksi bisnis yang berhubungan dengan pelanggan dan pemasok, dan sering digambarkan dalam internet, seolah-olah tidak ada alternatif komunikasi lain.

Kita mengambil pandangan yang jauh lebih luas. Kita mendefenisikan perdangan melalui jaringan elektronik sebagai pengguna komputer untuk memudahkan semua operasi perusahaan.

Perusahaan-perusahaan ikut serta dalam perdagangan melalui jaringan elektronik untuk mencapai perbaikan diseluruh organisasi. Perbaikan ini diharapkan menghasilkan tiga manfaat utama:
1. Pelayanan pelanggan lebih baik
2. Hubungan dengan pemasok dan masyarakat keuangan yang lebih baik
3. Pengembalian atas investasi pemegang saham dan pemilik meningkat

Kendala dari perdagangan melalui jaringan elektronik :
* Biaya Tinggi
* Masalah Keamanan
* Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia

Jalan menuju perdagangan melalui jaringan elektronik
* Mengumpulkan intelijen bisnis
* Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS)

Terdapat tiga pilihan teknologi utama, yakni :
• Sambungan Langsung, menggunakan sirkuit yang disedian oleh jasa telekomunikasi
• Jaringan bernilai tambah, antara lain berupa layanan perangkat lunak, pengolahan data, dll
• Internet, memungkinkan jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra bisnis tetapi juga mencakup

Internet dapat digunakan untuk aplikasi bisnis apapun yang meibatkan komunikasi data termasuk komunikasi baik ddi dalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Banyak perusahaan menggunakan internet untuk komunikasi internal suatu aplikasi yang disebut intranet. Kita membahas intranet dalam modul 10 ketika kita membahas komunikasi data. Hal-hal yang didiskusikan dalam modul ini perdagangan melalui jaringan elektronik (IOS) dan EDI semua dapat menggunakan internet. Internet menawarkan beberapa keunggulan dibandingkan berbagai jenis jaringan yang telah digunakan perusahaan selama bertahun-tahun jaringan yang dinamakan jaringan setempat / Local Area Network (LAN), jaringan perkotaan / metropolitan Area Network (MAN) dan jaringan luas / Wide Area Network (WAN). Tidak seperti jaringan lain tersebut internet dapat digunakan dengan platform komputer apapun tanpa perlu usaha khusus. Ini adalah keunggulan besar. Protokol wide dan browser juga jauh lebih mudah untuk dipelajari dan digunakan dari pada query language yang biasa digunakan untuk mengambil informasi dari data base. Selain itu internet memungkinkan transmisi media yang lebih beragam daripada yang ditangani banyak perusahaan melalui jaringan konvensional mereka. Semua area perusahaan dapat menggunakan internet tetapi jika seseorang harus memilih area dengan potensi terbesar itu adalah pemasaran. Itu karena banyak pemakai internet merupakan pelanggan potensial dari produk dan jasa perusahaan. Internet menawarkan suatu cara baru untuk menapai suatu segmen pasar yang jumlahnya dapat mencapai jutaan. Selain itu internet memberikan bagi para pemasar suatu cara untuk tetap maju dalam persaingan.

Penutup
Teknologi perdagangan melalui jaringan elaktronik atau yang biasa di sebut E-Commerce. Biasanya E-Commerce pun berkaitan dengan IOS dan EDI.

Ada 3 pilihan teknologi utama, yaitu:
• Sambungan Langsung, menggunakan sirkuit yang disedian oleh jasa telekomunikasi
• Jaringan bernilai tambah, antara lain berupa layanan perangkat lunak, pengolahan data, dll
• Internet, memungkinkan jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra bisnis tetapi juga mencakup.

Referensi:
™ http://community.gunadarma.ac.id/blog/view/id_8619/title_e-commerce-perdagangan-melalui-jaringan/
™ http://nanienuneno.blogspot.com/2010/01/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html
™ http://esalesjob.com/search/Perdagangan+melalui+jaringan+elektronik
™ http://budhivensius.blogspot.com/2009/12/perdagangan-melalui-jaringan-elektronik.html
™ http://pitri3492.blogspot.com/2010/10/perdagangan-melalui-jaringan-eliktronik.html
™ http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=21&ved=0CBEQFjAAOBQ&url=http%3A%2F%2Fsri_wiji.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F18257%2FModul%2B2%2BSIM.doc&rct=j&q=Teknologi%20perdagangan%20melalui%20jaringan%20elektronik&ei=bF3FTOLvPIfuvQOa9fyrCA&usg=AFQjCNGQCLSQzqcfantqmsiq4LvJs8MGHw&cad=rja
™ http://www.google.co.id/search?hl=id&client=firefox-a&hs=xjL&rls=org.mozilla%3Aen-US%3Aofficial&q=teknologi+perdagangan+melalui+jaringan+elektronik&aq=f&aqi=&aql=&oq=&gs_rfai=
™ http://esalesjob.com/search/Perdagangan+melalui+jaringan+elektronik
™ http://hadywibowo.wordpress.com/e-commerce/
™ http://www.simplearning.co.cc/2009/12/e-commerce-strategi-penerapan-bisnis.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar