Jumat, 29 Oktober 2010

EDI (electronic Data Intercarge) dan IOS (information Organisation System)

Pendahuluan
Pengertian EDI Adalah Metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan computer. EDI pun mempunyai beberapa keuntungan, komponen dan lain sebagainya yang akan di jelaskan pada pembahasan.

Tinjauan pustaka
Menurut kamus TI Pengertian EDI Adalah Metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”. Lembaga Nasional Standar dan Teknologi dalam publikasi 1996 [1] mendefinisikan pertukaran data elektronik sebagai "komputer-ke-komputer pertukaran pesan ketat diformat yang mewakili dokumen lain dari instrumen moneter EDI menyiratkan.

Pembahasan
EDI (elektronik data interchange) adalah Menurut kamus TI Pengertian EDI Adalah Metode untuk saling bertukar data bisnis atau transaksi secara elektronik melalui jaringan komputer.
Secara formal EDI didefinisikan oleh International Data Exchange Association (IDEA) sebagai “transfer data terstruktur dengan format standard yang telah disetujui yang dilakukan dari satu sistem komputer ke sistem komputer yang lain dengan menggunakan media elektronik”.

EDI dapat secara resmi didefinisikan sebagai 'transfer data terstruktur, dengan pesan standar yang telah disepakati, dari satu sistem komputer ke komputer lain tanpa campur tangan manusia'. Kebanyakan definisi lain yang digunakan adalah variasi pada tema ini. Bahkan di era teknologi seperti layanan web XML, Internet dan World Wide Web, EDI mungkin format data yang digunakan oleh sebagian besar transaksi perdagangan elektronik di dunia.

EDI memiliki standarisasi pengkodean transaksi perdagangan, sehingga organisasi komersial tersebut dapat berkomunikasi secara langsung dari satu sistem komputer yang satu ke sistem komputer yang lain tanpa memerlukan hardcopy, faktur, serta terhindar dari penundaan, kesalahan yang tidak disengaja dalam penanganan berkas dan intervensi dari manusia.

Kelemahan EDI adalah implementasinya yang sangat spesifik dan tertutup sehingga membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Dengan adanya Internet, mulai muncul EDI (over) Internet, dan Open EDI yang diharapkan dapat menekan biaya dengan menggunakan Internet.

EDI menciptakan sebuah sistem dimana perusahaan, pemerintah, dan entitas yang bekerja pada sistem komputer yang berbeda untuk bertukar informasi secara efisien. EDI adalah format standar data yang relevan yang dapat menular dari satu sistem komputer ke komputer lain dengan campur tangan manusia minimal. Hal ini banyak digunakan dan industri untuk mengirimkan apa yang akan sebelumnya telah dikirim sebagai dokumen, melalui pos. Dengan menggunakan EDI, mitra komunikasi dapat mengirim berbagai dokumen elektronik, yang menyediakan dan tingkat peningkatan efisiensi serta pengeluaran kertas berkurang. Saat ini ada ratusan "dokumen" yang dapat dipertukarkan secara elektronik antara beberapa mitra dagang.

Internet telah memungkinkan untuk peningkatan arus pertukaran ini, daripada yang diizinkan melalui sistem komputer tertutup. EDI adalah cara yang populer dan efisien untuk mengirim dan menerima dokumen yang lain akan menghabiskan hari terbuang di jalan di bagian belakang sebuah van pengiriman. Namun, ada Value Added Network (VAN) digunakan dalam situasi ini, dan ini mirip dengan kantor pos. Ini adalah 'gudang' orang tengah di mana EDI dokumen dapat gudang sampai penerima siap untuk mereka. Hal ini memastikan bahwa dokumen-dokumen penting tidak mental kembali ke pengirim, atau tersesat dalam baki.

Meskipun VAN digunakan oleh banyak perusahaan, dan khususnya industri kesehatan, banyak EDI adalah dikirim melalui internet. Namun, seperti VAN's menyediakan segudang layanan lainnya seperti retransmission dokumen, penyediaan informasi audit pihak ketiga, dan bertindak sebagai gateway untuk metode transmisi yang berbeda, penanganan dll dukungan telekomunikasi, mereka cukup populer dalam industri perwakilan. Semakin, dokumen EDI sedang tertanam dalam kendaraan transmisi lain seperti XML, yang dilihat sebagai salah satu cara untuk mengurangi biaya. Meskipun EDI berasal dalam bentuk yang sekarang di Amerika Serikat, asal perusahaan dapat dilihat di seluruh operasi koperasi internasional yang memerlukan memanifestasikan standar dan petunjuk.

Pendahulu ke electronic commerce, EDI telah hanya cocok untuk Amerika Utara dan perusahaan Eropa dan bank. Perusahaan menggunakan EDI saling berhubungan melalui jaringan komputer global, independen dari internet meskipun upaya yang dilakukan untuk mengintegrasikan dua jaringan. Ini memfasilitasi pertukaran komputer-ke-komputer dokumen elektronik (seperti pesanan pembelian, pemberitahuan muka pengiriman, dan faktur) tanpa intervensi manusia atau dapat dibaca manusia (kertas atau elektronik) dokumen. EDI menghilangkan keying manual kembali data, pemotongan biaya pemrosesan order, meningkatkan akurasi data, meningkatkan waktu siklus, dan membuat just-in-time pengiriman mungkin. Seperti internet ini adalah sistem standar berdasarkan independen jenis perangkat keras komputer dan perangkat lunak digunakan.

Ada dua standar utama EDI :
1.The American National Standards Institute standar ASC X 12 digunakan di Amerika Utara
2.The EDIFACT International Standards digunakan di Eropa

Berikut ini ialah keuntungan yang akan didapatkan organisasi jika menerapkan EDI:
* Penghematan Biaya : Penghematan ini didapatkan karena dengan EDI tidak akan ada biaya kertas, tidak ada biaya penyimpanan dokumen kertas dan tidak akan ada biaya pengiriman dokumen kertas.
* Kecepatan : Kecepatan ini didapatkan karena dengan EDI leadtime pengiriman dokumen hanya kurang dari 1 menit.
* Keakuratan : EDI akan mampu menghasilkan tingkat akurasi tinggi karena tidak ada entry data ulang. Selain itu sistem EDI sudah dilengkapi dengan ECC (Error Correction Control) yang akan mengidentifikasi kesalahan dengan cepat sehingga dapat segera diperbaiki.
* Keamanan : Penggunaan enkripsi dokumen membuat dokumen hampir tidak bisa dipalsukan.
* Integrasi : Integrasi antar sistem dapat dilakukan dengan perantara EDI. Setiap unit didalam organisasi akan terintegrasi dengan adanya EDI didalamnya sehingga proses menjadi lebih efisien

Componen dasar EDI
• Hub (pihak yang memberikan perintah)
• Spoke (pihak yang menerima perintah)
• Computer (sebagai electronic hardware)
• Electronic software

Software OS-EDI yang digunakan berupa
• Bayan Commerce
• IDX-IDEA
• NextGen-EDI
• RAXINC
• Dll

Standard EDI yang belaku saat ini adalah:
• SPEC 2000
• ANSI X12 Standard AS dan Canada
• EDIFACT (Standard Eropa)
• IEF
• Dll

Kelebihan/keutamaan EDI
• Revenue Stream yang baru
• Meningkatkan market (exposure)
• Menurunkan biaya operational (operational cost)
• Memperpendek waktu,automatic
• Mengurangi informasi data yang mengembang
• Meningkatkan supplier management
• Melebarkan jangkawan (global reach)
• Meningkatkan customer loyality (customer service)
• Meningkatkan value chain

Syarat dapat dilakukannya proses EDI
• Electronic transaction (merujuk ke format standard internasional)
• Scope of agreement (electrical supply service in the cooperative)
• Third-party service provider
• Electonic transaction menyampaikan ke provider)
• Privider melanjutkan ke penerima (spoke) dengan merenspon harga dan jumlah barang
• System operation (merawat dan menjaga system operasional EDI
• Security Procedures (selalu mengikuti prosedur pelaksanaan untuk menghindari masalah
• Tanda tangan (signature), berupa pengkodean, menunjukkan identitas
• Bebas dari computer viruses
• Data recovery and retention
• Testing

Transmission EDI (pemancaran EDI)
• Proper receipt (penyesuaian tanda terima)
• Verification
• Responses transaction
• Transmital yang berlulanga kali

Transaction terms (transaksi EDI)
• Cooperative CSP tarif
• Convidentialy
• Validity (Enforceability)
• Pihak Hup menyampaikan agreemant ke pihak spoke
• Pihak spoke Aggrement to executed CSP (Competitive
• Service Providers)
• Adanya persetujuan sah

Step proses Proper receipt and Verification EDI
• Enter claim information (masukkan permintaan data)
• Enter data and complete instruction.
• Data akan di ferifikasi (data and/or attachments
• Transmit Data
• Retrieve and review reports
• Prepare and mail attachments with EDI labels

IOS (information Organisation System) adalah Suatu IOS (Interorganizational System/Sistem Antar-Organisasi), kadang-kadang disebut system informasi antar-organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu system tunggal; mereka bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Perusahaan-perusahaan yang membentuk IOS disebut mitra dagang atau mitra bisnis.

Manfaat IOS
Manfaat IOS terbagi kedalam dua kategori yaitu efisiensi komparatif dan kekuatan tawar-menawar.

1. Efisiensi Komparatif : Dengan bergabung Dalam IOS, para mitra dagang dapat menyediakan barang dan jasa mereka dengan biaya yang lebih murah daripada pesaing mereka

2. Kekuatan Tawar-menawar : Kemampuan sutu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggannya yang menguntungkan dirinya disebut kekuatan tawar menawar (bargaining power). IOS memiliki landasan teoritis yang kuat

– delapan elemen lingkungan yang dihubungkan oleh arus sumber daya. Untuk alasan itu, tidaklah mengejutkan bahwa IOS telah menjadi strategi dominan untuk mencapai keunggulan kompetitif. Juga tidaklah mengherankan bahwa hubungan data dicapai secara elektronik, suatu strategi yang disebut pertukaran data elektronik.

Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar dengan :
- Keistimewaan Produk yang unik : hubungan elektronik IOS memungkinkan perusahaan menawarkan pelayanan yang lebih baik bagi pelanggan dalam bentuk pesanan yang lebih rendah, yang lebih cepat, dan waktu respon atas permintaan informasi yang lebih cepat

- Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian : dengan menjadi bagian suatu IOS, perusahaan dapat mengurangi biaya-biaya berbelanja yang dialami pelanggannya dalam mencari pemasok.

- Meningkatkan biaya peralihan : Suatu perusahaan ingin agar jika pelanggan beralih ke pesaing maka biayanya menjadi mahal. IOS mencapai manfaat ini dengan memberikan bagi pelanggan sumber daya informasi seperti perangkat keras.

Manfaat secara tidak langsung IOS :
- Mengurangi kesalahan
- Mengurangi biaya
- Meningkatkan efisiensi operasional
- Meningkatkan kemampuan bersaing
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang
- Meningkatkan pelayanan pelanggan

Penutup
Dalam hal ini, IOS dan EDI sangat berkaitan. Juga dengan E-Commerce.

IOS (Interorganizational system), kadang-kadang disebut sistem informasi antar organisasi, adalah suatu kombinasi perusahaan-perusahaan yang terkait sehingga mereka berfungsi sebagai suatu sistem tunggal; yang bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama.

Pertukaran data elektronik (EDI) adalah transmisi data dalam bentuk yang terstruktur dan dapat dibaca mesin secara langsung dari komputer ke komputer diantara beberapa perusahaan. Transmisi tersebut memungkinkan data ditransmisikan dan diterima tanpa pengetikan ulang.

Referensi:
™ http://en.wikipedia.org/wiki/Electronic_Data_Interchange
™ http://www.total.or.id/info.php?kk=Electronic%20Data%20Interchange
™ http://www.exforsys.com/tutorials/edi/electronic-data-interchange.html
™ http://www.businessdictionary.com/definition/electronic-data-interchange-EDI.html
™ http://www.gefeg.com/jswg/v3/data/v2-9735.pdf
™ http://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&cd=2&ved=0CBwQFjAB&url=http%3A%2F%2Fwww.cgd.pt%2FEnglish%2FFinancial-Information%2FAnnual-Reports%2F2006%2FDocuments%2F12.pdf&rct=j&q=Information%20Organisation%20System&ei=ulzFTOSSNI-AvgOht5nPCA&usg=AFQjCNHk8JJPFgENUlA0J30zRVMrR3i6zw&cad=rja
™ http://hadianyana.wordpress.com/2009/11/16/edi-electronic-data-interchange/
™ http://agungsr.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/12526/EDI.pdf
™ http://masbudiyono.files.wordpress.com/2009/03/09-ios-dan-gis.pdf
™ Modul 2 SIM (E-Commerce, EDI,IOS)
™ http://www.teknokrat.ac.id/perangkat_ajar/New%20Folder/SIM/Pertemuan3_OSI/pertemuan_ke_3.PPT.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar