Rabu, 29 September 2010

arti SIM dan Fungsinya...


Pendahuluan
Pada pertemuan pertama dalam mata kuliah Sistem Informasi Manajemen 1# (softskill) saya akan membahas tentang Definisi dan Fungsi dari Sistem Informasi Manajemen (SIM).

Tinjauan Pustaka
Ada berbagai macam orang mendefinisikan arti dari SIM tersebut. Kutipan yang saya dapat dari buku Raymond McLeod yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia pada tahun 2004 yang berisi “Sistem Informasi Manajemen (SIM) didefinisikan sebagai suatu system berbasis computer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa”. Judul bukunya “Management Information System-Sistem Informasi manajemen”.

Pembahasan
Sistem informasi manajemen (SIM) adalah salah satu dari lima subsistem CBIS. Yang bertujuan memenuhi semua kebutuhan semua manajer di seluruh perusahaan manapun. SIM digunakan karena bisa mencerminkan sikap orang yang menggunakannya untuk pemecahan masalah perusahaan. Awalnya, aplikasi computer utama adalah pengolahan data akuntansi. Lalu diteruskan oleh empat aplikasi lainnya, seperti Sistem Informasi Manajemen (SIM), Sistem Pendukung Keputusan (decision support systems), Otomatisasi Kantor (Office Automation), dan System Pakar (expert systems). Kelima system ini membentuk system informasi berbasis computer atau CBIS (Computer based information system).
Sebelum anda mengarah ke definisi SIM yang bermacam-macam, sebaiknya kita lihat dulu beberapa kaitan dari SIM tersebut. Seperti Apa itu Sistem,Informasi dan Data.
# Sistem adalah suatu komponen yang dirancang untuk menyelesaikan suatu tugas tertentu, atau kumpulan beberapa komponen yang ada untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
# Informasi adalah hasil dari data yang telah di oleh menjadi sasuatu yang berguna untuk siapa saja.
# Data adalah  sebuah fakta yang masih belum jelas tujuan fakta tersebut, oleh sebab itu ia harus diproses terlebih dahulu.
Beberapa para ahli menyatakan bahwa SIM ialah :
©      Merupakan sistem informasi yang menghasilkan hasil keluaran (output) dengan menggunakan masukan (input) dan berbagai proses yang diperlukan untuk memenuhi tujuan tertentu dalam suatu kegiatan manajemen.
©      Ada pula definisi lain, yaitu sebuah sistem informasi manajemen, istilah yang umum dikenal orang adalah sebuah sistem manusia/mesin yang terpadu (intregeted) untuk menyajikan informasi guna mendukung fungsi operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam sebuah organisasi. Sistem ini menggunakan perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) komputer, prosedur pedoman, model manajemen dan keputusan, dan sebuah “data base”.
©      SIM adalah pengembagan dan penggunaan sistem-sistem informasi yang efektif dalam organisasi-organisasi (Kroenke, David, 1989)
©      SIM didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai yang mempunyai kebutuhan yang serupa. Informasi menjelaskan perusahaan atau salah satu sistem utamanya mengenai apa yang telah terjadi di masa lalu, apa yang sedang terjadi sekarang dan apa yang mungkin terjadi di masa depan. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus dan output dari simulasi matematika. Informasi digunakan oleh pengelola maupun staf lainnya pada saat mereka membuat keputusan untuk memecahkan masalah (Mc. Leod, 1995)
©      SIM merupakan metode formal yang menyediakan informasi yag akurat dan tepat waktu kepada manajemen untuk mempermudah proses pengambilan keputusan dan membuat organisasi dapat melakukan fungsi perencanaan , operasi secara efektif dan pengendalian (Stoner, 1996)
©      Dari definisi-definisi di atas, dapat ditarik kesimpulan, bahwa SIM adalah suatu sistem yang dirancang untuk menyediakan informasi guna mendukung pengambilan keputusan pada kegiatan manajemen dalam suatu organisasi.(http://youdee-038.blogspot.com/2009/11/definisi-sim-dari-beberapa-ahli.html)
©      Sedangkan menurut saya, SIM itu ialah suatu system yang berbasis computer yang di buat untuk menyediakan sebuah informasi yang di gunakan oleh manajer atau orang yang membutuhkannya dalam hal pemecahan masalah. Dalam hal ini manajer sangat berperan penting. Dengan adanya SIM tersebut membuat seluruh pekerjaan para manajer menjadi lebih mudah dan cepat.
Berikut adalah Fungsi dari SIM itu sendiri :
• Pencarian data
• Penginformasian data kepada user (dapat berupa report text, dalam bentuk tabel, atau dalam bentuk grafik)
• Penyimpanan data (http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=251%3Asistem-informasi-manajemen&option=com_content&Itemid=15)
Sedangkan menurut http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi_Manajemen, Fungsi SIM itu ialah :
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
  • Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  • Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

Menurut (http://youdee-038.blogspot.com/2009/11/definisi-sim-dari-beberapa-ahli.html) berikut adalah kegunaan atau fungsi dari SIM:
1. Meningkatkan aksesibilitas data yang tersaji secara tepat waktu dan akurat bagi para pemakai, tanpa mengharuskan adanya prantara sistem informasi.
2. Menjamin tersedianya kualitas dan keterampilan dalam memanfaatkan sistem informasi secara kritis.
3. Mengembangkan proses perencanaan yang efektif.
4. Mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhan akan keterampilan pendukung sistem informasi.
5. Menetapkan investasi yang akan diarahkan pada sistem informasi.
6. Mengantisipasi dan memahami konsekuensi-konsekuensi ekonomis dari sistem informasi dan teknologi baru.
7. Memperbaiki produktivitas dalam aplikasi pengembangan dan pemeliharaan sistem. Dan masih banyak lagi…

Fungsi Sistem Informasi menurut (http://viansari.blogdetik.com/2009/10/23/mengulik-definisi-fungsi-serta-komponen-komponen-sim/) ialah Setiap sistem informasi akuntansi akan melaksanakan lima fungsi utamanya yaitu :
  • Mengumpulkan dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan.
  • Memproses data menjadi informasi yang berguna pihak manajemen.
  • Memanajemen data-data yang ada kedalam kelompok-kelompok yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.
  • Mengendalikan kontrol data yang cukup sehingga aset dari suatu organisasi atau perusahaan terjaga.
  • Penghasil informasi yang menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk melakukan perencanaan, mengeksekusi perencanaan dan mengkontrol aktivitas.
Dan menurut saya, fungsi dari sim itu sendiri ialah :
®      Adanya pengambilan data untuk kemudian diproses,
®      Pemrosesaan data yang telah di ambil tadi dengan berbagai macam cara,
®      Hasil dari pemrosesan atau pengolahan tadi, akan di jadikan acuan untuk pemecahan masalah,
Penutup
Menurut saya, SIM adalah suatu system yang berbasis computer yang di buat untuk menyediakan sebuah informasi yang di gunakan oleh manajer atau orang yang membutuhkannya dalam hal pemecahan masalah. Dalam hal ini manajer sangat berperan penting. Dengan adanya SIM tersebut membuat seluruh pekerjaan para manajer menjadi lebih mudah dan cepat. Cara kerja SIM itu ialah adanya pemrosesan, tetapi pemrosessan tidak akan terjadi bila tidak ada inputan, setelah di input ia di proses dan proses itu akan menghasilkan sebuah keluaran (output). Keluaran atau output itu yang di namakan inforasi. Dan informasi tersebut akan digunakan oleh manajer untuk pengambilan keputusan atau yang lainnya.
Fungsi dari SIM menurut saya ialah Adanya pengambilan data, pemrosessan dan keluaran. Dan keluaran itu harus bisa memecahkan masalah yang sedang di hadapi oleh perusahaan tersebut.

Saya harap, semua perusahaan di Indonesia harus menggunakan SIM semua. Agar semuanya serba cepat dan baik. Mungkin masih banyak kekurangan yang masih harus saya perbaiki, mohon kiranya di comment.

Referensi :
  1. Raymond Mcleod “management information System” yang di terjemahkan “Sistem Informasi Manajemen” tahun 2004 edisi 8
  2. Raymond Mcleod “management information System” yang di terjemahkan “Sistem Informasi Manajemen” tahun 2008
  3. (http://viansari.blogdetik.com/2009/10/23/mengulik-definisi-fungsi-serta-komponen-komponen-sim/)
  4. (http://youdee-038.blogspot.com/2009/11/definisi-sim-dari-beberapa-ahli.html)
  5. (http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_Informasi_Manajemen)
  6. (http://www.ittelkom.ac.id/library/index.php?view=article&catid=25%3Aindustri&id=251%3Asistem-informasi-manajemen&option=com_content&Itemid=15)
  7. (http://yoyoke.web.ugm.ac.id/download/sim.pdf)
  8. (http://manajemenaset09.blogspot.com/2008/09/komponen-sim.html?zx=f17138b41a576b11)
  9. (http://blog.re.or.id/definisi-sistem-informasi-manajemen.htm)
  10.  Raymond Mcleod “management information System” yang di terjemahkan “Sistem Informasi Manajemen” tahun 1995

Tidak ada komentar:

Posting Komentar