Selasa, 10 Mei 2011

Kewarganegaraan...1

1. Aspek alamiah ketahanan nasional yang meliputi :
a. Posisi dan lokasi geografi Negara
Ketahanan nasional berdasarkan Posisi dan lokasi geografi Negara dapaat diartikan kemampuan suatu Negara dalam mejaga kondisi lokasi dan bantang alam suatu Negara tersebut dari berbagai hambatan ancaman dan gangguan yang dating dari luar maupun dari dalam maupun secara langsung atau tidak langsung. Sehingga suatu Negara memberikan kemungkinan berlangsungnya perikehidupan nasional yang sangat dipengaruhi oleh lokasi dan posisi geografi negara tersebut.
Ada dua jenis negara yang mempunyai ciri khusus berkenaan dengan lokasi yaitu Negara dikelilingi daratan (land locked country) dan Negara dikelilingi lautan
b. Keadaan dan kekayaan alam
Ketahanan nasional berdasarkan Keadaan dan kekayaan alam dapat diartikan kemampuan suatu Negara dalam menjaga ,memeluhara serta mengolah sumberdaya alam yg ada di dalam Negara tersebut dari berbagai macam hambatan dan gangguan sehingga Negara dapat mengawasi serta megolah sumberdaya alam yg ada di dalam negra tersebut untuk kesejahteraan rakyatnya.
c. Keadaan dan kemampuan penduduk
Ketahanan nasional berdasarkan Keadaan dan kemampuan penduduk dapat di artikan sebagai kondisi dinamis suatu penduduk yg berisi keuletan dan ketangguhan kekuatan nasional dalam menghadapi serta mengatasi segala tantangan, ancaman, hambatan dan gangguan yang datang dari luar maupun dari dalam secara langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan kehidupan sosial budaya
2. Aspek sosial/kemasyarakatan adalah :

a. Ideologi
Ideologi adalah suatu system yang menjadi cara pandang atau pegangan seseorang untuk menjalani kehidupan. Biasanya cara pandang sekelompok masyarakat yang diterapkan pada masalah publik sehingga membuat konsep ini menjadi inti politik. Secara implisit setiap pemikiran politik mengikuti sebuah ideologi walaupun tidak diletakkan sebagai sistem berpikir yang eksplisit. Ideologi yang dianut oleh Indonesia adalah ideologi pancasila, yang tatanannya diambil dari nilai-nilai budaya yang sudah mengkristalisasi sejak ratusan tahun lalu tumbuh dan berkembang dalam masyarakat Indonesia.
b. Politik
Politik berasal dari kata “politics” dan/atau “policy”. Artinya berbicara politik akan mengandung makna kekuasaan (pemerintahan) atau juga kebijaksanaan.
Ketahanan nasional ini meliputi dua bagian yaitu politik dalam negeri dan politik luar negeri.
c. Sosial
Mengembangkan kehidupan bangsa yang serasi antara masyarakat yang berbeda, dari segi budaya, status sosial, maupun daerah. Contohnya dengan pemerataan pendidikan di semua daerah dan program wajib belajar harus diprioritaskan bagi daerah tertinggal.
d. Budaya
buda merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat. Sedangkan menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.
e. Pertahanan dan Keamanan
Pertahanan dan keamanan Indonesia adalah kesemestaan daya upaya seluruh rakyat Indonesia sebagai suatu sistem pertahanan dan keamanan dalam mempertahankan dan mengamankan Negara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar